Wisata Tongging

tongging-ok
MEDAN – Banyak sekali tempat-tempat indah dengan pemandangan eksotis di provinsi Sumatera Utara yang dapat dijadikan sebagai tujuan untuk berwisata. Salah satunya adalah Desa Tongging yang terletak di sebelah utara Danau Toba, tepatnya terletak di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Desa tersebut berjarak sekitar 40 kilometer dari kota Berastagi dan dapat ditempuh melalui perjalanan darat. Di sepanjang jalan menuju desa Tongging, akan melintasi jalur yang dipenuhi dengan tanjakan serta turunan yang memotong hijaunya perbukitan.

Berkendara sambil menyusuri jalan yang berkelok-kelok di sepanjang pinggiran bukit menuju Desa Tongging akan memberikan sensasi dan pemandangan yang mempesona.

Sejauh mata memandang, keindahan alam Desa Tongging yang mempesona dapat memukau dan memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Dari situ pula dapat dilihat indahnya pesona Danau Toba yang memukau melalui ketinggian bukit yang terdapat di desa tersebut.

Selain itu, tampak jelas hamparan pertanian yang luas dan peternakan ikan nila dan ikan mas di Desa Tongging, yang memang di budidayakan oleh masyarakat setempat di sekitar Danau Toba. Hal tersebut menggambarkan bahwa mayoritas masyarakat di desa tersebut adalah Petani dan Nelayan.

Banyak sekali hal-hal menarik dan menyenangkan yang dapat dilakukan saat berwisata ke Desa Tongging, diantaranya adalah menikmati segarnya bermain air di pinggiran danau Toba. Selain itu, juga dapat menyewa perahu-perahu kecil yang memang disewakan oleh penduduk setempat untuk berkeliling dan menikmati indahnya pemandangan danau dari atas perahu.

Sudah pasti ini akan menjadi liburan yang sangat menyenangkan! Berkeliling dengan perahu kecil sambil menikmati sejuknya air dan berfoto-foto mengabadikan keindahan alam yang mempesona.

Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan Hiking atau pendakian, bisa juga menyusuri lintasan hutan yang telah disediakan untuk mendaki Gunung Sipiso-piso yang berada sangat dekat dari Desa Tongging. Stamina yang prima sangat dibutuhkan untuk melakukan pendakian ini, mengingat Gunung Sipiso-piso memiliki ketinggian sekitar 1.400 meter dari permukaan laut.

Tak hanya itu, pesona lainnya masih bisa dinikmati dan ditemukan di desa Tongging, salah satunya adalah kegiatan Paralayang. Bagi wisatawan yang menyukai olahraga yang populer ini, dapat melakukannya dari salah satu bukit yang ada di Desa Tongging.

Olahraga ini juga telah banyak mengundang para wisatawan untuk datang untuk menikmati serunya melayang diatas bukit-bukit yang hijau sambil memandang indahnya Danau Toba.

Tempat berikutnya yang menawarkan pemandangan mempesona di Desa Tongging adalah Air Terjun Sidompak yang berada tidak jauh dari desa tersebut. Kemudian Air Terjun Sipiso-piso yang berjarak sekitar 7 kilometer dari Desa Tongging. Kedua air terjun tersebut merupakan tempat yang indah dan memiliki pesona yang begitu eksotis dan sayang bila kita melewatkannya.

Terakhir kurang lengkap, jika Anda belum mencoba masakan khas yang terdapat di sana. Wisatawan bisa mencicipi nikmatnya masakan khas yang bernama Arsik Ikan Mas. Masakan ini merupakan salah satu makanan yang dimasak dengan resep turun temurun.

Banyak sekali pondok-pondok di Desa Tongging yang bisa kita temukan dan menjual makanan khas yang diambil langsung dari peternakan ikan milik mereka. Tak ada salahnya, jika Anda memasukkan Desa Tongging ke dalam daftar tempat wisata yang harus dikunjungi?

Untuk menemukan tempat menginap di Desa Tongging juga tidaklah sulit, karena didaerah ini banyak sekali penginapan berupa Wisma dan Bungalow yang bisa disewakan. Harga yang ditawarkan juga sangat bervariasi, tergantung pada fasilitas dan view atau pemandangan yang ada disekitarnya. Sehingga, wisatawan bisa memilih penginapan yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Bagi wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh juga tak perlu khawatir. Terdapat banyak tempat yang menjual oleh-oleh untuk dibawa pulang di Desa Tongging. Salah satu tempat yang paling sering dikunjungi wisatawan untuk membeli oleh-oleh adalah Desa Silalahi di kecamatan Sabungan kabupaten Dairi.

Ditempat ini, banyak menemukan tempat yang menjual beraneka barang-barang etnik khas suku setempat yang dapat dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Untuk sampai ke desa tersebut, wisatawan harus beranjak meninggalkan Desa Tongging dengan kendaraan dan menempuh jarak sekitar 11 kilometer dari desa Tongging.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *